9 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Penting Buat Pesepeda

Pisang bisa diibaratkan sebagai nature’s own energy bars. Berkarbohidrat tinggi, mudah dimakan dan dicerna, ditambah kemasan praktisnya sendiri yang tidak membuat limbah atau merusak lingkungan. Pisang adalah makanan bersepeda nomor satu. Pisang juga sangat kaya akan manfaat. Pisang dapat menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat, terutama kalium serta menyediakan 25g-30g karbohidrat untuk memasok energi ke otot bersepeda.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang menarik dalam banyak hal, GI-nya (seberapa cepat gula dalam makanan menyerap ke dalam aliran darah kita) berubah saat matang. Pisang hijau lebih berserat dan memiliki GI lebih rendah, pisang coklat memiliki GI yang jauh lebih tinggi sehingga melepaskan energinya lebih cepat. Pisang sangat baik dikonsumsi untuk perjalanan jauh dan makan sebelum memulai perjalanan. Pisang juga merupakan makanan pemulihan yang bagus jika dikonsumsi setelah bersepeda.

1. Kandungan Serat Tinggi

Pisang sarat dengan serat, baik yang larut maupun yang tidak larut. Serat larut memiliki kecenderungan untuk memperlambat pencernaan dan membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Itulah sebabnya pisang sering dimasukkan dalam menu sarapan agar kamu bisa memulai hari tanpa harus khawatir dengan jam makan berikutnya.

2. Kesehatan Jantung

Makanan berserat tinggi dikatakan baik untuk jantung. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, meningkatkan konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

3. Melancarkan Pencernaan

Menurut Ayurveda, pisang memiliki rasa manis dan asam. Rasa manis dikatakan menimbulkan rasa berat tetapi rasa asam diketahui merangsang agni (cairan pencernaan) sehingga dapat mendukung pencernaan dan membantu membangun metabolisme.

4. Pembangkit Nutrisi

Pisang termasuk makanan kelas berat dalam hal nutrisi. Pisang sarat dengan vitamin dan mineral penting seperti kalium, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, folat, niasin, riboflavin, dan B6. Senyawa tersebut berkontribusi pada tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh.

5. Sumber Kalium Tinggi

Kandungan kalium yang tinggi pada pisang menjadikannya buah super. Mineral ini dikenal karena banyak khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan — membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, dan menjaga otak tetap waspada. Jadi pastikan kamu menambahkan pisang ke dalam harian untuk menjaga kesehatan jantung dan otak, ditambah untuk tekanan darah yang lebih stabil.

6. Tekanan Darah

Fakta yang diketahui bahwa garam adalah penyebab tekanan darah tinggi. Pisang memiliki kandungan garam yang rendah dan kandungan kalium yang tinggi, dan sifat-sifat ini berkontribusi menjadikannya ideal bagi mereka yang mengalami diabetes. Namun, pastikan kamu berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter sebelum menambahkannya ke dalam makanan rutin.

7. Membantu Memerangi Anemia

Karena kandungan zat besi yang tinggi pada pisang, maka pisang baik untuk penderita anemia. Anemia adalah suatu kondisi saat tubuh mengalami penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Hal ini menyebabkan kelelahan, sesak napas, dan pucat. Tapi, seperti yang selalu kami katakan bahwa moderasi adalah kuncinya.

8. Pisang Memiliki Manfaat untuk Olahraga

Pisang sering disebut sebagai makanan yang sempurna bagi para atlit terutama karena kandungan mineralnya dan karbohidratnya yang mudah dicerna. Makan pisang dapat membantu mengurangi kram dan nyeri otot terkait olahraga. Penyebab kram sebagian besar tidak diketahui, tetapi teori populer menyalahkan campuran dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.

9. Pisang Dapat Membuat Kenyang

Pati resisten adalah sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan ditemukan dalam pisang mentah dan makanan lainnya yang berfungsi seperti serat larut dalam tubuh. Sebagai aturan praktis, kamu dapat memperkirakan bahwa semakin hijau pisang, semakin tinggi kandungan pati resistennya.

Di sisi lain, pisang kuning dan matang mengandung jumlah pati resisten dan serat larut yang lebih rendah – tetapi jumlah serat total yang lebih tinggi. Baik pektin dan pati resisten dapat menawarkan efek pengurangan nafsu makan serta meningkatkan perasaan kenyang setelah makan.

Pisang adalah buah populer yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Di antaranya, dapat meningkatkan pencernaan dan kesehatan jantung karena kandungan serat dan antioksidannya. Pisang bahkan dapat membantu menurunkan berat badan, karena relatif rendah kalori dan padat nutrisi.

Pisang matang merupakan camilan yang baik untuk memuaskan lidah yang membutuhkan rasa manis. Terlebih lagi, pisang kuning dan hijau dapat membuat kamu tetap sehat dan merasa kenyang.

Untuk mendapatkan pisang dengan kualitas terbaik, Kamu bisa berbelanja di TaniHub. Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Kamu juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terbaik langsung dari petaninya.

Bukan hanya pisang, Kamu juga dapat membeli aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako. Lengkap bukan? Yuk belanja di TaniHub