Inilah Alasan Mengapa Bola Volly Direkomendasikan oleh SehatQ!

Bola volly merupakan salah satu olahraga yang dimainkan secara beregu, dengan sistem permainan yang terdiri dari 2 kelompok. Banyak dari artikel kesehatan menyatakan bahwa terdapat banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukannya secara rutin. Bagi para pecinta volly tentu sangat merasakan efek yang dapat dirasakan oleh tubuh di antaranya yaitu:

1. Memberikan Efek Tidur Lebih Berkualitas

Rutin berolahraga dapat memberikan kualitas tidur yang baik, hal tersebut karena dengan rajin berolahraga bisa menaikkan kerja enzim dan otot. Membantu tubuh agar bisa relax setelah melakukan rutinitas sehari-hari. Efek tersebut akan dirasakan ketika seseorang terbangun di pagi hari, dimana tubuh akan lebih segar dan bugar.

Pada penelitian yang dilakukan di tahun 2016 menyatakan bahwa dengan bermain volly dapat meningkatkan suhu tubuh yang membuat tidur dapat lebih nyenyak. Intensitas olahraga tidak harus dilakukan rutin bagi yang mempunyai kesibukan, untuk intensitas olahraga sedang juga memberikan pengaruh besar untuk tubuh.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Sedang mencari alternatif untuk mendapatkan badan ideal tanpa harus diet? Cobalah untuk melakukan olahraga bola volly. Termasuk ke dalam olahraga kardio aerobik, membuatnya efektif untuk menurunkan berat badan secara berkala. Artikel kesehatan menyatakan seseorang yang bermain volly hingga 20 menit bisa meningkatkan denyut jantung 60 persen lebih.

Hal tersebut dikarenakan sistem otot jantung yang harus terus bergerak lebih kuat. Jika otot jantung seseorang kuat, maka membuat aliran darah menjadi lebih cepat tersebar ke seluruh tubuh. Proses tersebut memungkinkan sel-sel melakukan pembakaran lemak ketika berolahraga. Inilah yang menyebabkan sebagian orang lebih memilih menurunkan berat badan dengan bermain volly.

3. Pembentukan Otot dan Persendian

Berikutnya manfaat yang dirasakan tubuh dengan bermain volly tidak hanya bisa menguatkan otot jantung, namun juga anggota tubuh lainnya. Pembentukan otot yang terjadi akan terlihat pada paha, betis, bokong, pinggul. Hal ini tentunya baik untuk tubuh seseorang, sehingga akan menghasilkan badan yang ideal.

Tidak hanya otot , persendian juga akan menjadi lebih kuat karena terus menerus dipergunakan untuk bergerak. Ketika seseorang melakukan pukulan, berlari, melompat dalam jangka waktu yang lama akan membuat persendian semakin kuat. Fungsi dari sendi yang kuat tentunya bisa menghindari seseorang dari kemungkinan cedera ketika berolahraga maupun kegiatan lainnya.

4. Memperkuat Tulang

Latihan beban tidak hanya bisa dilakukan dengan mengangkat barbel atau pun benda yang mempunyai berat beban saja. Permainan bola volly merupakan latihan beban tanpa harus menahan alat, hal ini karena adanya beban tubuh saat lompat dan lari. Hal tersebut mengakibatkan pelepasan pada kadar sclerostin bisa menaikkan sejumlah hormon yang dihasilkan.

Hormon tersebut adalah IGF-1 yang bekerja membantu pertumbuhan tulang sedangkan sclerostin merupakan protein alami untuk membuat tulang terhindar dari osteoporosis. Pastikan untuk menumpuk kadar sclerostin yang banyak dalam tubuh, supaya hasilnya dapat bekerja secara optimal. Jadi, dengan begitulah permainan volly bisa melindungi kepadatan dan memperkuat tulang.

5. Mengurangi Stres

Ketika mengalami stress, cobalah untuk melakukan hal-hal positif seperti berolahraga bola voli. Permainan bola volly yang menyenangkan akan memberikan hormon kesenangan seperti dopamin, serotonin endorfin dan lainnya. Tidak hanya itu, dengan berolahraga secara rutin juga bisa mengurangi resiko yang dapat memicu stres.

Timbulnya rasa senang dan bahagia tersebut dihasilkan dari semua hormon yang mendatangkan pikiran positif. Oleh sebab itu olahraga adalah hal yang sering dinasehatkan oleh dokter terhadap pasiennya. Selain menjadi terapi juga dapat bisa mengendalikan mental menjadi lebih sehat.

Itulah ulasan dari beberapa manfaat bola volly yang bisa dirasakan seseorang ketika rutin melakukannya. Berbagai artikel kesehatan pun tak jarang membahasnya, agar para pembaca dapat mencoba dan menerapkannya. Olahraga tersebut juga sangat sederhana dan bisa dilakukan kapan pun.