Kemudahan Hitung Cicilan Rumah Dengan Kalkulator KPR

Punya rumah sendiri tentunya menjadi hal yang sangat membahagiakan bukan, apalagi bagi ketika Anda sudah membangun rumah tangga, dibandingkan dengan ikut tinggal bersama dengan orang tua atau ngontrak maka akan lebih nyaman punya rumah sendiri. Namun karena harga hunian semakin lama semakin mahal, hal ini menjadi penyebab sebagian besar orang tidak mampu membeli rumah impian mereka. Namun tak perlu khawatir karena sekarang ini berbagai macam kemudahan ditawarkan, termasuk diantaranya adalah Anda bisa beli rumah dengan kredit, bisa cek juga lewat kalkulator KPR terkait dengan simulasinya terlebih dahulu.

KPR pada dasarnya adalah singkatan Kredit Pemilikan Rumah, yaitu sebuah produk pinjaman dari lembaga pembiayaan atau bank, untuk nasabah yang ingin membeli rumah impian mereka. Sehingga cukup dengan membayar uang muka atau DP saja maka nantinya hunian sudah dapat Anda tempati. Sisa hutang tersebut dapat dibayar dengan cicilan setiap bulannya hingga lunas. Menariknya lagi sekarang ini ada banyak lembaga keuangan yang juga menawarkan kredit atau KPR DP 0 persen, jadi tanpa uang muka sepeserpun Anda sudah bisa menghuni rumah tersebut.

Fasilitas simulasi atau kalkulator KPR ini sendiri bisa Anda jumpai di website resmi lembaga pembiayaan atau bank. Berbicara mengenai cara perhitungannya sebenarnya juga tidak sulit, bahkan sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  1. Kunjungi website resmi lembaga pembiayaan atau bank yang Anda maksud, hampir semua bank menawarkan fasilitas atau produk KPR ini, sehingga tidak perlu khawatir mengenai cara perhitungannya, Anda cukup datang ke website resmi perbankan tersebut dan cek mengenai fitur ini, seperti diantaranya yang ada di bank BCA, mereka juga punya fitur tersebut di website resmi bahkan juga layanan mobile bankingnya yang dapat digunakan secara mudah.
  2. Isi tentang harga rumah yang Anda inginkan, selanjutnya Anda nantinya akan dibawa pada beberapa kolom yang ada disana, termasuk diantaranya adalah informasi terkait dengan harga rumah yang diinginkan, pastikan mengisinya dengan benar karena akan mempengaruhi hasil nantinya.
  3. Isi juga uang muka yang dibayarkan, selain harga properti atau rumah tersebut, maka bagian yang tidak kalah penting disini adalah DP atau uang muka. Apalagi memang besaran uang muka ini juga akan mempengaruhi besarnya hutang yang Anda miliki nantinya, akan semakin bagus jika seandainya DP yang dibayarkan besar minimal 20 persen, lebih dari itu akan semakin bagus karena meringankan beban hutang Anda nantinya.
  4. Memilih tenor, patut untuk diketahui bahwa tenor ini adalah jangka waktu pelunasan, semakin panjang tenor yang dipilih nantinya akan membuat nilai cicilan jadi semakin ringan, begitu juga sebaliknya, ketika tenor yang dipilih semakin panjang otomatis nilai cicilan juga jadi semakin mahal atau besar. Jadi bisa disesuaikan juga dengan kemampuan financial Anda, jangan sampai cicilan yang dipilih nilainya terlalu besar sehingga akan membebani kondisi keuangan dalam rumah tangga, pada akhirnya Anda hanya akan mengalami kondisi gagal bayar, tentu sangat rugi bukan.

Hasil dari kalkulator KPR ini dapat dijadikan sebagai acuan Anda untuk jadi atau tidaknya mengambil cicilan disana. Namun pastikan bahwa lembaga yang Anda pilih untuk KPR ini juga terpercaya, seperti diantaranya adalah KPR BCA, mereka memang tidak sekedar menawarkan produk KTA maupun kredit multiguna saja, melainkan juga bisa ambil kredit untuk pembiayaan rumah juga.