Lakukan Training Need Assessment dalam Usaha Anda dan Rasakan Manfaatnya

Persaingan yang ada dalam dunia bisnis memang bisa dikatakan sangat ketat, dimana jika seandainya Anda tidak mampu menyesuaikan dengan perkembangan yang ada saat ini. Pastinya juga akan berdampak pada kemunduran usaha atau kalah dengan kompetitor yang lainnya. Itulah mengapa penting untuk memberikan pelatihan terbaik kepada Sumber Daya Manusia yang bekerja disana dengan tujuan adalah untuk memaksimalkan produktivitas mereka. caranya adalah dengan mengikutkan mereka ke berbagai macam pelatihan yang ada saat ini. Namun sebelum itu tentunya harus dilakukan training need assessment terlebih dahulu.

Pada dasarnya bentuk pelatihan atau training sendiri macam-macam, biasanya berbeda posisi mereka dalam dunia kerja juga akan menentukan jenis pelatihan yang akan diambil, karena sudah pasti bidang yang ingin diasah kemampuannya juga akan berbeda. Sehingga nantinya juga tak akan salah dalam mengambil bidang pelatihannya. Patut untuk diketahui bahwa memang di Indonesia sekarang ini sudah mulai bermunculan banyak lembaga-lembaga pelatihan untuk karyawan yang dapat dijadikan sebagai pilihan.

Mereka menawarkan beragam bentuk pelatihan untuk berbagai jenjang kebutuhan, sebelum pelatihan tersebut memang lembaga yang benar pastinya akan memberikan training need assessment, berikut ini diantara alasan pentingnya, yaitu:

  1. Guna mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan dari masing-masing orang, sehingga tidak akan menjadi masalah di masa depan. Assessment yang satu ini tujuannya adalah untuk menilai SDM tersebut kurang di bagian mana jika dibandingkan dengan teman-teman yang lainnya. Karena pada dasarnya setiap karyawan sudah pasti memiliki latar belakang yang berbeda-beda bukan, namun dapat diperbaiki sekarang juga kesenjangan tersebut dengan memilih bentuk pelatihan yang tepat guna meningkatkan skill mereka.
  2. Dapat membantu untuk merencanakan pelatihan sepanjang tahun, kegiatan yang satu ini juga bertujuan untuk mempermudah atasan nantinya mengadakan training tahunan, karena dengan adanya identifikasi yang tepat sasaran maka nantinya akan mudah untuk melakukan persiapan terkait dengan kegiatan pelatihan tersebut, tak lagi menerka-nerka setidaknya jenis training atau pelatihan apa yang dibutuhkan mereka.
  3. Dapat digunakan untuk menyortir beberapa training yang belum dipertimbangkan, karena memang dalam sebuah lembaga pelatihan terkadang program pelatihan yang mereka tawarkan juga tak sebatas satu saja, melainkan memang ada banyak. Hal ini dapat dipakai untuk menyortir jenis training baru yang mungkin bisa diikuti.
  4. Memaksimalkan kegiatan pelatihan tersebut sehingga nantinya karyawan bisa fokus pada bidang yang tepat, tentunya setelah melakukan identifikasi kesenjangan mereka, maka akan tahu karyawan tersebut kurangnya di bidang apa dan harus mengikuti jenis pelatihan mana, hasilnya sudah pasti akan jauh lebih optimal untuk menambah skill mereka agar tidak ketinggalan dengan yang lain.
  5. Dapat dipakai sebagai langkah awal memilih siapa saja yang butuh pelatihan dan juga tidak. Ada beberapa karyawan yang mungkin memiliki kesenjangan atau kalah unggul dibandingkan dengan teman-temannya. Namun juga ada sebagian lagi diantaranya yang sudah lebih unggul. Sehingga disini akan tahu siapa saja yang memang membutuhkan pelatihan ekstra dan juga tidak.
  6. Dapat digunakan sebagai sarana untuk memprioritaskan kebutuhan training mereka, ilmu apa saja yang akan diberikan oleh mentor tersebut.

Training need assessment ini adalah langkah awal untuk melakukan screening guna mengetahui tingkat kemampuan dan juga kekurangan karyawan, Anda dapat mempercayakannya kepada lembaga yang tepat seperti diantaranya adalah Prasmul-ELI, punya banyak program pelatihan dan juga assessment untuk karyawan maupun juga non karyawan.