Mengenal Aplikasi eFaktur Fasilitas Kemudahan Pelaporan Pajak

Bagi seorang Pengusaha Kena Pajak atau bisa dibilang PKP tentunya melakukan pelaporan pajak adalah hal penting yang harus rutin dilakukan. Pelaporan ini biasa dilakukan secara manual sebelum disediakannya aplikasi eFaktur

Hal ini tentu cukup menyulitkan beberapa pihak yang harus mengetahui format dari faktur pajak dalam setiap pelaporan yang dilakukan. Hal inilah yang kemudian membuat DJP meluncurkan eFaktur untuk mempermudah pelaporan pajak. Namun, apa sih eFaktur ini dan apa kelebihan menggunakan aplikasi ini? Berikut ulasan lengkapnya: 

Mengenal eFaktur Pajak

Aplikasi eFaktur yang telah disediakan oleh Direktur Jenderal Pajak tentunya memberikan angin segar bagi para pengusaha yang harus rutin dalam melakukan pelaporan. Adanya sistem ini tentunya mempermudah dalam melaporkan setiap barang kena pajak atau pun atribut lain dalam usaha. 

Bagi seseorang yang ingin melakukan membuat eFaktur ini haruslah melampirkan sertifikat digital, elektronik serta eNofa. Adanya kelengkapan syarat inilah nantinya yang akan digunakan untuk membuat faktur pajak sesuai dengan pelaporan yang dibutuhkan dalam format yang sudah seragam. 

Pada dasarnya aplikasi ini memiliki tujuan serta format yang sama seperti halnya faktur pajak kertas. Kemudahan serta keamanan dari penggunaan aplikasi ini adalah hal yang membedakan dengan faktur pajak kertas yang dilakukan secara manual. 

Tentunya eFaktur Pajak ini juga berfungsi untuk melakukan pelaporan yang sama seperti halnya penggunaan faktur sebelumnya. Melakukan penyerahan BKP, melakukan pembayaran termin serta penyerahan JKP adalah waktu yang harus dilakukan untuk melaporkan faktur pajak ini. 

Keuntungan eFaktur Pajak 

Seperti yang diketahui bahwa adanya peluncuran aplikasi eFaktur ini merupakan bentuk penyederhanaan dari proses pelaporan pajak bagi para pengusaha. Hal ini diharapkan dapat membantu mempermudah proses dalam setiap pelaporan faktur pajak kepada pihak terkait. Namun, apa sih kelebihan dari aplikasi ini? Simak ulasannya berikut: 

1. Bisa Melaporkan SPT dan PPN Lebih Mudah

Bagi seorang pengusaha tentunya melakukan pelaporan SPT serta PPN menggunakan cara manual melalui faktur kertas tentu cukup menyulitkan. Menilik dari sinilah pada akhirnya aplikasi eFaktur diluncurkan pada 2014 lalu oleh DJP. 

Tentunya dengan tujuan untuk mempermudah dalam melakukan pelaporan SPT serta PPN adalah satu bagian dari kelebihan yang bisa didapatkan penggunanya. Melalui aplikasi ini, nantinya pengguna juga sudah bisa mendapatkan Nomor Tanda Terima DJP secara sah. 

2. Bisa Melakukan Pelaporan Lebih Cepat

Melalui aplikasi ini, setiap Pengusaha Kena Pajak bisa melakukan pelaporan dengan lebih mudah dan cepat. Pengisian pada form tidak perlu lagi dilakukan secara manual maupun mengunduh patch eFaktur. Bahkan pengguna juga tidak perlu lagi mengunduh CSV atau basis format dalam satu data. 

Hal ini tentu akan lebih mempermudah setiap proses pelaporan tanpa perlu melakukan pindah dari satu platform ke lainnya. Pelaporan yang lebih cepat tentunya juga akan terwujud dengan adanya aplikasi eFaktur ini. 

3. Melakukan Rekonsiliasi Pajak Lebih Mudah 

Kelebihan lain dari adanya eFaktur ini adalah disediakannya fitur yang mampu membantu rekonsiliasi pajak dengan lebih mudah. Pengguna bisa dengan mudah mengetahui kecocokan data antara penjualan maupun faktur keluar. 

Melalui adanya aplikasi ini maka, pengguna tidak perlu lagi melakukan cara manual untuk mencocokkan data. Sistem online yang disiapkan eFaktur akan secara otomatis memeriksa rekonsiliasi yang terjadi dalam faktur. 

4. Dapat Mengirimkan Faktur Pajak dalam Transaksi

Penggunaan aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengiriman bukti faktur pajak kepada pihak client. Hal ini tentu sangat membantu proses transaksi jadi lebih mudah dan cepat. 

Adanya fitur untuk memberikan informasi secara online ini juga akan mengirimkan data yang akurat sesuai dengan data asli yang dimiliki. Hal inilah yang kemudian menjadi satu keuntungan lain yang bisa didapatkan karena adanya sistem pengecekan otomatis. 

5. Disediakan QR Code 

Sistem digital yang sudah canggih untuk melengkapi aplikasi ini membuat eFaktur menjadi aplikasi yang aman untuk digunakan dalam setiap pelaporan pajak. Pengguna tidak perlu merasa khawatir akan adanya data yang salah atau terkait dengan keamanan dari data. 

Hal ini karena adanya sistem QR Code yang telah disediakan dalam sistem ini untuk membantu pengguna tetap mendapatkan keamanan atas data yang dimiliki. Tentunya dengan adanya QR Code ini setiap proses pajak juga bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. 

Nah, itulah tadi sekilas tentang aplikasi eFaktur yang sudah mulai diluncurkan dari 2014 lalu untuk mempermudah proses pelaporan pajak bagi PKP. Melalui aplikasi ini setiap proses dari faktur pajak akan dengan mudah dapat dilakukan tanpa perlu melakukan cetak atas dokumen faktur.