PENGEMBANGAN UMKM UNTUK MEMPERKUAT KETAHANAN EKONOMI

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah adalah kegiatan usaha yang dilakukan oleh orang perorangan atau kelompok yang bertujuan untuk mensejahterakan individu maupun kelompoknya.

UMKM memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Tidak hanya sampai di situ, UMKM juga berperan dalam tumbuhnya ekonomi serta tenaga kerja dan distribusi hasil pembangunan. Bahkan UMKM yang berada di desa-desa dianggap memiliki prospek masa depan yang lebih baik.

Pemerintah saat ini tengah getol mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau yang biasa disingkat UMKM ini di desa. Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah untuk memajukan UMKM hingga ke dunia mancanegara. Telah ada sistem online untuk UMKM di berbagai daerah dengan nama yang beragam, contohnya di Jawa Tengah ada Sadewa Market Cyber UMKM.

Dukungan pemerintah ini sangat diapresiasi oleh pelaku UMKM di seluruh Indonesia, karena untuk bergabung dengan program-program pemerintah saat ini tidak diperlukan pemungutan biaya yang terkadang menjadi kendala bagi banyak pelaku UMKM.

Namun, pusat perhatian UMKM pada saat ini tertuju pada salah satu program yang bernama Pasar Digital UMKM yang diluncurkan pada Agustus 2020. Website itu merupakan salah satu website transaksi jual beli online dimana penjualnya merupakan daftar UMKM yang dapat diverifikasi di Kementerian Koperasi dan UKM.

Artinya, penjual di PaDi UMKM merupakan UMKM dari seluruh Indonesia dengan beragam penawaran produk maupun jasa yang sangat kaya. Hal ini tentunya sangat baik dalam memenuhi kebutuhan beragam konsumen yang memiliki kebutuhan berbeda-beda.

Menariknya, PaDi UMKM memiliki konsumen khusus yang sudah pasti melakukan transaksi setiap bulannya. Mereka tidak lain tidak bukan adalah pihak dari BUMN. Hal ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang menginginkan kontribusi yang jauh lebih besar dari BUMN untuk UMKM lebih dari pada sebelumnya.

Diharapkan, alokasi dana dari BUMN kepada UMKM nantinya akan meningkatkan kualitas dan kuantitas UMKM yang ada di Indonesia. Dengan demikian, mereka bisa memperluas sayap-sayap pasar mereka hingga ke dunia mancanegara.

Selain itu, UMKM juga bisa memperjualbelikan produk dan jasa mereka kepada masyarakat luas. Jadi, dengan bergabung di PaDi UMKM, secara otomatis maka penjual akan mendapatkan kesempatan transaksi yang jauh lebih besar daripada sebelumnya.

Untuk melakukan pendaftaran di PaDi UMKM pun terbilang sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Website PaDi UMKM pada link berikut: https://padiumkm.id/, lalu klik tombol DaftarDaftar Menjadi Penjual di bagian atas halaman utama PaDi UMKM Marketplace.
  2. Klik Pilih Daftar Sebagai Penjual, kemudian klik tombol Selanjutnya.
  3. Isi data penjual meliputi nama lengkap, email aktif, nomor Handphone dan kode referal (jika ada), lalu klik tombol Daftar dan klik tombol Ok.
  4. Buka Email, cari email Aktivasi Akun dari PaDi UMKM, kemudian klik tombol Atur Kata Sandi.
  5. isi Kata Sandi dan Konfirmasi Kata Sandi dengan format minimal 14 karakter dan minimal ada 1 simbol (contoh #, !, *), kemudian klik tombol Simpan dan Masuk.
  6. Jika pengisian aktivasi akun benar, maka penjual akan langsung diarahkan Login ke aplikasi PaDi UMKM untuk segera melengkapi data toko/perusahaan. Klik tombol Lengkapi Data untuk memulai proses pengisian data.
  7. Pada Dokumen Legalitas Perusahaan pilih opsi kepemilikan NIB pilih Ya atau Tidak.
  8. Jika Ya maka isi nomor NIB dan NPWP, kemudian klik tombol Cek NIB (untuk dilakukan pengecekan ke sistem OSS). Jika NIB terdaftar atau sukses dilakukan pengecekan ke OSS maka secara otomatis data nama perusahaan, NIB, NPWP dan KTP pemilik perusahaan terisi, sebagai berikut.
  9. Jika memilih Tidak maka isi data dokumen secara manual, sebagai berikut.
  10. Lanjutkan pengisian data berikutnya, dibagian Surat Keterangan Bebas Pajak, pilih Ya jika memiliki bukti bebas pajak PPh 23, PPh 22, PPh 4 ayat 2 dan isi data dengan input nomor, masa berlaku dan unggah dokumen, kemudian klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan ke pengisian data Profil Perusahaan.
  11. Pada Profil Perusahaan, lengkapi data wajib yang meliputi jenis badan usaha, kategori tipe perusahaan, status perusahaan, jenis kegiatan usaha utama dan alamat perusahaan, kemudian klik tombol Kirim untuk mengirimkan data ke Admin untuk diverifikasi terlebih dahulu dalam waktu 3 x 24 jam atau klik tombol Kembali untuk memeriksa data sebelumnya.
  12. Jika lolos verifikasi, maka akan mendapatkan notifikasi Email sebagai berikut.

Segera bergabung dengan PaDi UMKM dan nikmati beragam keuntugannnya!