Tips Mencari Kelas UI UX Terbaik dan Pentingnya Mengerti UI UX untuk Programmer

Dalam era dunia digital seperti sekarang, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini bisa dilakukan karena ada program atau aplikasi yang dibuat untuk menjembatani kebutuhan masyarakat dengan sumber atau penyedianya. Aplikasi atau program inilah yang akan menjadi wakil dari penyedia baik itu swasta maupun pemerintah sehingga diharapkan menjadi sebuah wakil yang bisa memberikan manfaat maksimal dengan cara sesederhana mungkin sesuai dengan target pasarnya. Misalnya sebuah aplikasi layanan pemerintah yang ditujukan untuk para petani, pastinya harus menggunakan bahasa dan tatap muka yang mudah dimengerti sehingga mereka bisa menggunakannya tanpa perantara orang lain. Inilah yang disebut dengan UI UX dan bisa dipelajari di kelas UI UX yang saat ini banyak diadakan oleh lembaga pelatihan atau kursus.

Pembuatan program dan aplikasi sekarang ini sangat dibutuhkan karena hampir semua instansi, perusahaan, lembaga kemasyarakatan membutuhkan platform digital sebagai perwakilan mereka di dunia maya. Semakin besar perusahaan tersebut maka semakin professional juga program atau aplikasi yang seharusnya dimiliki. Ke profesionalan sebuah program bisa dilihat dari isinya yaitu informasi yang diberikan serta cara penggunaan program yang mudah dimengerti. Karenanya perusahaan tersebut harus mempekerjakan program developer yang professional dan sudah mengerti mengenai UI UX yang nantinya sangat berperan dalam memudahkan pengguna untuk mengakses informasi yang disediakan.

UI sendiri merupakan kependekan dari User Interface atau tatap muka. Tatap muka adalah apa yang Anda lihat di dalam sebuah program baik itu gambar, text, suara, video, menu bar, button, link dan sebagainya. Dengan tatanan yang sesuai dan tepat, diharapkan program atau aplikasi bisa dimengerti dan digunakan oleh semua lapisan masyarakat. Sedangkan UX adalah kependekan dari User Experience yaitu pengalaman user ketika menggunakan program atau aplikasi. Belum tentu sebuah UI atau tatap muka yang cantik memberikan pengalaman yang menyenangkan pada user tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh pengaplikasian pada UI untuk mendapatkan program atau aplikasi yang mudah dimengerti oleh manula:

  • Menggunakan font yang besar.
  • Menggunakan warna text yang kontras dengan background sehingga tampak jelas.
  • Menggunakan video tutorial sehingga lebih mudah dimengerti.
  • Memakai bahasa yang singkat namun jelas.

Semua itu nantinya akan dipelajari lebih lanjut pada kelas UI UX. Bukan hanya untuk tampilan tatap muka namun juga pengalaman user dalam menggunakan aplikasi atau program. Sebagai contoh berikut ini adalah beberapa feedback negatif yang sering terjadi pada sebuah aplikasi yang nantinya bisa Anda pelajari sebagai tantangan di kelas:

  • Aplikasi membutuhkan waktu terlalu lama untuk mencari data tertentu.
  • Program yang memakan waktu saat dibuka pertama kali.
  • Aplikasi memakan banyak tenaga batre.
  • Aplikasi membuat smartphone cepat panas.
  • Aplikasi membutuhkan terlalu banyak memory atau RAM.
  • Text yang sulit terbaca akibat background atau wallpaper.
  • Dll.

Agar semua kebutuhan sebagai seorang programmer handal bisa Anda dapatkan khususnya di bidang UI UX, Anda perlu mengikuti pelatihan UI UX di pelatihan yang professional dan memberikan materi yang berkualitas. Berikut ini adalah cara untuk menyeleksi pelatihan mana yang sebaiknya diikuti untuk memaksimalkan manfaatnya:

  • Lihat siapa trainernya.
  • Lihat riwayat lembaga pelatihan yang menyelenggarakan kursus.
  • Cari tahu ijin lembaga pelatihan tersebut apakah sudah terdaftar.
  • Cari pelatihan online atau offline sesuai dengan keleluasaan Anda.

Agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal dan materi yang berkualitas dari sebuah pelatihan, pilihlah kelas UI UX yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan ternama dan sudah populer di bidang tersebut. Dengan mengikuti pelatihan dari lembaga populer, Anda sudah bisa mendapatkan jaminan kualitas dari pelatihan yang akan diikuti. Semakin populer akan semakin baik. selain itu lihat juga riwayat atau pengalaman lembaga pelatihan tersebut. Pastikan sudah memiliki riwayat yang baik dalam mengadakan pelatihan dengan kepuasan publik yang tinggi. Sebagai contoh adalah lembaga pelatihan Prasmul-ELI yang sudah berpengalaman selama 30 tahun dalam memberi pelatihan bisnis. Anda bisa juga mengikuti pelatihan bisnis yang dibutuhkan secara online maupun offline di Prasmul-ELI dengan melihat jadwalnya melalui website resmi Prasmul-ELI.